Haris Buka Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat

Pemerintahan

Bupati Merangin H Al Haris didampingi anggota DPR RI H Zulfikar Ahmad membu

BANGKO-Bupati Merangin H Al Haris Selasa (10/5) membuka acara sosialisasi pemberdayaan masyarakat di Hall Desa Sungai Manau. Acara yang diikuti ratusan warga setempat itu, berlangsung meriah dihadiri Anggota DPR RI Zulfikar Ahmad.

Sosialisasi pemberdayaan masyarakat melalui kominikasi, informasi dan edukasi obat dan makanan itu, digelar Balai Pengawasan Obat dan Makanan Provinsi Jambi. ‘’Bila kita sembarangan makan obat, justru bisa menjadi racun bagi tubuh,’’ ujar Bupati.

Oleh karena itu bupati sangat memberikan apresiasi terhadap acara tersebut. Masyarakat yang hadir diberikan pemahaman bagaimana menggunakan obat yang baik dan benar. Sehingga masyarakat tidak sembarangan minum obat.

Diakui bupati, tidak sedikit masyarakat Merangin yang hanya sakit kepala minum obat sembatangan atau minum jamu. Padahal obat dan jamu yang diminum dari dibeli bebas di warung-warung itu, belum tentu ada standar Balai Pom-nya.

Begitu juga dengan makanan, tidak jarang anak-anak sekolah jajan sembarangan sehingga tidak sedikit yang terserang penyakit. Jajan sosis misalnya jelas bupati, banyak sosis yang setelah diperiksa Balai POM mengandung formalin.

‘’Bayangkan, formalin untuk mengawetkan mayat digunakan untuk makanan. Begitu juga dengan pewarna pakaian digunakan untuk pewarna makanan. Hal ini jelas akan mengakibatkan penyakit,’’ jelas Bupati.

Pada acara itu Balai POM Provinsi Jambi memajang berbagai jenis obat-obatan dan makanan yang ditarik dari pasaran. Obat-obatan jenis pil dan jamu itu, awalnya memang sudah sesuai dengan kriterianya.

Namun menurut Zaenal pentugas Balai POM, setelah pemeriksaan dilakukan pada produksi berikutnya sudah tidak sesuai. Sudah banyak tambahan zat-zat yang tidak jelas sehingga tidak layak lagi dikonsumsi.

‘’Ada jamu obat pusing kepala sudah dicampur dengan parasetamol. Jamu pegal linu dicampur dengan asamtenamat dan berbagai campuran lainnya yang tidak baik untuk kesehatan tubuh,’’ terang Zaenal.

 

(teguh/humas)

Author

Related Articles

Back to Top