Hari Otonomi Daerah Diperingati di Merangin

Pemerintahan
Usai upacara Sekda Merangin H Sibawaihi menyerahkan bantuan uang duka dan tali kasih

Usai upacara Sekda Merangin H Sibawaihi menyerahkan bantuan uang duka dan tali kasih.

BANGKO-Kabupaten Merangin Senin (25/4) memperingati hari otonomi daerah, di halaman depan Kantor Bupati Merangin. Peringatan hari otonomi daerah ke-20 tersebut, ditandai dengan upacara yang diikuti ribuan pegawai berpakaian Korpri.

Selain Korpri, upacara yang bertema ‘Memantapkan otonomi daerah menghadapi tantangan masyarakat ekonomi Asean (MEA)’ itu, juga diikuti para anggota TNI, Polri, Satpol PP dan petugas Perhubungan.

Tampil sebagai pembina upacara Sekda Merangin H Sibawaihi. Pada kesempatan tersebut, Sekda membacakan pidato Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Dikatakan Sekda, otonomi daerah yang telah menjadi komitmen bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

‘’Caranya dengan meninkatkan kualitas pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat, peningkatan daya saing daerah dan pengembangan demokrasi lokal. Hal ini seiring dengan telah diberlakukannya MEA 2016,’’ ujar Sekda.

Seluruh pemerintah daerah lanjut Sekda, harus menata seluruh elemen otonomi daerah. Tujuannya agar Indonesia tidak menjadi penonton dalam era persaingan bebas. Dalam era MEA diberlakukan lima arus bebas dalam aktivitas ekonomi.

Kelima arus itu jelas Sekda, arus bebas barang, arus bebas jasa, arus bebas tenaga kerja terampil, arus bebas modal dan arus bebas investasi. ‘’Melalui pemantapan otonomi daerah, kita tidak akan kalah saing dengan negara lain,’’ jelas Sekda.

Pada pelaksanaan hari otonomi daerah ke-20 tersebut, diumumkan peringkat kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah untuk masing-masing provinsi dan kabupaten/kota. Pemerintah berharap, hasil evaluasi itu dapat menjadi pendorong dalam meningkatkan kinerja.

Selain itu usai menyampaikan sambutannya, Sekda juga memberikan bantuan sosial uang duka dan talikasih anggota Korpri Kabupaten Merangin periode April 2016. Ada sebanyak sembilan orang yang menerima bantuan tersebut.

 

(teguh/humas)

 

Author

Related Articles

Back to Top