Setelah Lebaran, Harga Cabai Masih Pedas

Aktivitas warga di Pasar Baru Bangko

MERANGIN- Setelah lebaran Idul Fitri, harga cabai di Kabupaten Merangin tak kunjung turun, bahkan hari ini (2/7) harga Cabai Merah di dua Pasar Bangko masih berkisaran Rp 80 ribu per Kg.

Pantauan media ini, di Pasar Baru Bangko, Cabai Merah masih menumpuk di para pedagang, hal ini dikarenakan banyak warga yang enggan membeli cabai dengan jumlah banyak.

“Mahal, masak dari lebaran kemarin, tidak turun-turun, masih sama saja harganya, bahkan kalau sore bisa mencapai Rp 100 ribu per Kg,” keluh Dewi (32) warga Kota Bangko.

Tidak hanya cabai merah, harga cabai rawit pun juga tak kunjung turun, bahkan jika sebelumnya harga cabai rawit hanya Rp 40 ribu per Kg, sekarang harga cabai rawit mencapai Rp 80 ribu per Kg.

“Biasanya kan kalau  cabai merah mahal, kita campur dengan cabai rawit, tapi sekarang harganya sama saja, makanya paling sekarang belinya Cuma setengah Kg,” tambahnya.

Selain harga cabai merah dan cabai rawit, kenaikan juga terjadi pada harga lainnya, diantaranya bawang merah yang sebelumnya hanya Rp 20 ribu per Kg, sekarang mencapai Rp 35 ribu per Kg, Tomat yang sebelumnya hanya Rp 8 ribu per Kg, sekarang mencapai Rp 12 ribu per Kg.

“Kita berharap Pemerintah melakukan sidak, dan mengecek kenapa bisa seperti ini, biasanya setelah lebaran harga barang kembali normal, ini tidak, setelah lebaran malah makin naik,” katanya.

Rhizki Okfiandi

Updated: 2 Juli 2019 — 10:49