Bimker Lapas Kelas 2 B Bangko Produksi Kerajinan Tangan

MERANGIN- Dinginya dinding lapas tidak mematahkan semangat bagi para narapidana untuk Berkarya bagi para narapidana menghasilkan kerajinan tangan dengan mutu yang tidak kalah dengan buatan mesin,dengan peralatan dan Bimbingan Kerja (Bimker) dari para staf lapas kelas II Bangko,Para narapidana giat membuat beragam kerajinan tangan.

Seperti asbak,Tilam osin,gelas bambu,kursi bambu,tempat gelas aqua,semua menggunakan bahan baku bambu yang di dapatkan dari luar lapas kelas II Bangko. Selain menghasilkan kerajinan tangan,para narapidana juga di ajarkan Perkebunan  dengan menanam sayuran,untuk mencukupi kebutuhan warga binaan.

Dengan luas lahan bimker seluas 150 M3,Para napi memanfaatkan lahan menanam sawi,kangkung ,kacang panjang ,labu dan cabe.

Kasubsi bimbingan kerja Sujono,mengatakan bahwa para narapidana di karyakan dengan memberikan bimbingan kerja di bengkel dan kebun milik lapas kelas II Bangko.

“Kita tidak membatasi kreatifitas warga binaan di lapas kelas II Bangko,tentu saja ini menjadi sarana mereka bisa berbuat dan berkarya saat bebas nantinya'”Jelasnya.

Kegiatan bagi warga binaan dilakukan setiap hari,dan bagi warga binaan yang memiliki bakat akan cepat bisa bekerja dengan karya yang di hasilkan.

“Kegiatan ini di lakukan setiap hari,dan yang di pekerjakan adah warga binaan yang lolos dari tahapan tim pengamat permasyarakatan,tentu saja kita tidak mau sembarangan menempatkan warga binaan”Bebernya.

Semua hasil kerajinan tangan yang di buat nantinya, maka hasilnya akan di pasarkan secara umum dan siapapun para pelaku usaha ekonomi kreatif di Kabupaten Merangin bisa bekerja sama dengan lapas kelas II Bangko.

“Hasil kerja mereka akan kita pasarkan secara umum,Dan kami berharap agar para pelaku usaha ekonomi kreatif bisa bekerja sama dengan kami,setidaknya usaha yang di kerjakan para warga binaan berdampak positif dan bisa meningkatkan taraf hidup mereka pada saat bebas nantinya”tegasnya.(ble)

Updated: 26 Desember 2018 — 16:26
© 2016-2019, seputarmerangin.com SM IT Dept
error: Jangan Suka Coppy Paste Berita Orang Broo...
%d blogger menyukai ini: