Berkah Ramadhan, Pembuat Cendol Pandan Raup Jutaan Rupiah Setiap Hari

Merangin-Samsuri (56) warga Lingkungan Parak Kelapo kelurahan Pasar Bawah Bangko kabupaten Merangin, Jambi ini mendapat berkah dengan setiap datangnya bulan ramadhan. Walau hanya dengan membuat cendol pandan, Samsuri bisa meraup omzet jutaan rupiah setiap harinya.
Saat media ini mengunjungi di rumahnya dan sekaligus pabrik pembuatan cendol pandan milik Samsuri, ia mengatakan jika usahanya ini sudah dilakukan sejak 30 tahun silam namun hanya saat bulan ramadhan saja.
“Iya ini usaha saya sejak belum punya anak hingga saya sudah punya cucu. Namun usaha membuat cendol pandan ini hanya saya lakukan disaat bulan puasa”terang Samsuri.
Ditambahkannya, jika saat ini dirinya sampai kuwalahan memenuhi permintaan konsumen-konsumennya.
“Ya sampai dalam semalam terpaksa saya memproduksi hingga dua kali, yakni habis tarawih dan usai sholat subuh. Bah itu saja terkadang masih kekurangan”kata Samsuri.
Dikatakan Samsuri, tidak ada resep khusus dalam membuat cendol pandan ini, namun tingkat kematangan yang menjadi kunci enak tidaknya cendol ini.
“Terus terang saya tidak punya resep khusus, tapi memang hampir semua di seputaran kota Bangko ini cendol produksi saya. Mereka kadang mengambil langsung, atau terkadang saya antarkan kepada pelanggan. Dalam semalam saya menghabiskan 20 kilo tepung beras, dan semua hasil cendolnya pun habis”katanya sambil tersenyum.
Samsuri saat ini sangat bersyukur sekali, disaat ekonomi agak tersendat namun dengan usaha cendol pandan selama ramadhan ini memberi berkah tersendiri bagi dirinya dan keluarga
“Alhamdulillah dalam sehari saya mendapat omzet hingga Rp 1 juta, dengan hasil penjualan cendol ini saya bisa membelikan baju lebaran dan kue lebaran untuk keluarga saya”tutupnya sambil meneteskan air mata.

Laporan (yon)

Updated: 14 Mei 2019 — 17:47