DPRD Aceh Tamiang Kunker ke Merangin

Pemerintahan
Bupati-Merangin-H-Al-Haris
BANGKO– Bupati Merangin H Al Haris pada Kamis (24/3) menerima kunjungan kerja (Kunker) Komisi B DPRD Aceh Tamiang di rumah dinas bupati. Ada sebanyak tujuh orang anggota dewan, seorang dari dinas pertanian dan Sekwan yang hadir.
Dikatakan bupati pada acara yang dikemas dalam coffe morning tersebut, untuk mewujudkan swasembada beras di Kabupaten Merangin, berbagai upaya telah dilakukan. Selain melakukan pencetakan sawah baru, juga luncurkan program turun ke sawah.
‘’Kita telah memberikan reward berupa pergi umroh kepada petani teladan, kelompok tani teladan, penyuluh teladan. Sudah sebanyak lima orang yang kita berangkatkan umroh pada 2016 ini,’’ ujar Bupati.
Sedangkan untuk meningkatkan hasil pertanian lainnya, bupati menjelaskan telah merangkul Institut Pertanian Bogor (IPB). Melalui MoU dengan IPB itu, bisa diklasifikasi produk pertanian unggulan daerah.
Apabila telah diketahui produk unggulan pertanian tersebut, kedepannya tinggal bagaimana pengembangannya saja, agar lebih baik lagi. Selain itu diceritakan bupati, juga telah diluncurkan program Watanabe.
Apa itu? Watanabe singkatan dari wajib tanam cabe di perkarangan rumah, sehingga ibu-ibu tidak perlu lagi membeli cabe. Apalagi lanjut bupati, saat ini harga cabe di pasaran melambung tinggi, sehingga akan sangat membantu perekonomian keluarga.
Tenku Irsadul Arkar wakil Ketua Komisi B DPRD Aceh Tamiang mengatakan, sengaja pihaknya memilik Kabupaten Merangin sebagai lokasi kunker. Hal ini mengingat Merangin tergolong kabupaten yang berhasil dalam program pencetakan sawah.
‘’Agar kunker ini bermanfaat bagi kami dan masyarakat kami, nanti kita melihat langsung lahan cetak sawah di Kabupaten Merangin. Kami mendapatkan informasi bahwa Kabupaten Merangin telah berhasil melakukan program cetak sawah,’’ ujar Teuku Irsadul Arkar.
(teguh/humas)

Author

Related Articles

Back to Top