DBHCT Di Salahgunakan,Kajari Bangko Periksa Kabid Anggaran

DBHCT Di Salahgunakan,Kajari Bangko Periksa Kabid Anggaran

Utama

BANGKO- Dana bagi hasil cukai hasil tembakau yang di gelentorkan oleh Kementrian Keuangan, untuk Kabupaten Merangin sebesar Rp 498 Juta Pada tahun 2015 Menuai Masalah.

Pasalnya dana yang di poskan di Dinas Pekebunan dan Kehutan Kabupaten Merangin tersebut,sudah di salah gunakan oleh Dinas Bunhut dengan Membeli dua kendaraan dinas berupa mobil dan Motor.

Kini Kasus penyalah gunaan Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau(DBHCT)mulai diselidik pihak Kejaksaan Negeri Bangko,dalam penyelidikan Kasus Penyalah gunaan dana tersebut,pihak kejaksaan telah memanggil Kabid anggaran BPKAD Kabupaten Merangin Masyuri selaku pembuat rancangan anggaran dana tersebut.

Masyuri datang ke kejaksaan negeri bangko pada pukul 10.00 Wib menggunkan pakaian batik berwarna abu – abu bercampur putih,sesampainya di rungan tindak pidana khusus masyuri langsung di periksa oleh penyidik Kejaksaan Negeri Bangko selama lima jam.

Dalam Pemeriksaan Masyuri,dirinya di Tanya oleh penyidik tentang pembuatan rancangan anggaran dana bagi hasil cukai tembakau yang di gelontorkan oleh Kementrian Keungan tahun 2015.

Usai di periksa,masyuri langsung meninggalkan kantor kejaksaan negeri bangko melalui pintu depan kanto kajari dan langsung menghilang.

Kepala seksi tindak pidana khusus Kejaksaan Negri Bangko Iwan saat di Komfirmasi awak media terkait pemeriksaan Kabid anggaran BPKAD,dirinya membenarkan jika ada pemeriksaan terkait Dana bagi hasil cukai tembakau.

“hari ini(Kemarin,red),kini memeriksa kabid anggaran BPKAD,pemeriksaan terkait Penganggaran DBCHT yang di gelontorkan Kementrian Keuangan tahun 2015,sebab kami menilai ada kejanggalan dalam penggunaa DBCHT oleh Dinas Perkebunan dan Kehutan kabupaten Merangin”Ungkap Iwan,Kemarin(6/10).

Iwan juga mengatakan,jika DBCHT tersebut di gunakan oleh Disbunhut bukan pada posnya yaitu untuk kegiatan budi daya pembenihan petani tembakau serta budi daya tembakau.

“dana tersebut digunakan untuk beli kendaraan dinas sebanyak dua unit,saya melihat di sini ada kesalahan pengunaan anggaran dan kesalahan itu fatal”tutur Iwan.

Selanjutnya iwan juga mengatakan jika untuk pemeriksaan selanjutnya,pihak kejaksaan akan memeriksa Kadis Disbunhut yaitu Marwan.

“untuk minggu depan,Kadis Bunhut akan kita periksa terkait dana DBCHT yang di salah gunakan tersebut”tutup Iwan.(agh)

 

 

Author

Related Articles

Back to Top