Bupati Sebut Ada Pergeseran Nilai Di Masyarakat Desa Dan Kota

Pemerintahan

Bupati Merangin H Al Haris serahkan gerobak dorong kepada 20 orang pedagang

BANGKO– Bupati Merangin Al Haris menyebutkan kalau ada pergesaran nilai-nilai agama di tengah masyarakat saat ini, dimana sekarang ada pergeseran nilai-nilai agama masyarakat Desa ke Kota.

Dijelaskannya, pergeseran nilai-nilai tersebut yakni sekarang banyak ditemukan anak-anak di Desa yang kurang gemar untuk mengaji serta mengisi surau-surau. Sedangkan di kawasan Perkotaan, seluruh anak-anak telah aktif hadir di TPA serta Mushalla untuk mengaji.

“Ada pergesaran nilai saat ini, kita bisa melihat kalau di Desa-Desa, masih ada yang kita temukan itu Mushalla atau Surau kosong setelah Magrib, anak-anak kita banyak yang kurang gemar mengaji, sedangkan di Kota, anak-anak sekarang saya lihat sudah aktif hadir di TPA untuk mengaji,” ungkap Al Haris.

Disebutkannya, untuk mengatasi hal tersebut, ia sudah membuat program penyuluh agama di setiap Kecamatan, dimana nantinya penyuluh tersebut setiap harinya datang ke Mushalla atau Masjid-Masjid untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat.

“Sekarang ini sudah ada penyuluh agama, nantinya penyuluh ini akan datang ke Masjid setiap harinya, untuk memberi pemahaman kepada masyarakat, termasuk untuk mengajak anak-anak kita untuk mengaji,” katanya.

Bahkan, selain membuat program penyuluh agama, Al Haris meminta kepada seluruh Desa untuk menganggarkan gaji bagi guru ngaji, karena dana desa tersebut bisa dimanfaatkan untuk membayar gaji guru ngaji serta pegawai syarak.

“Kalau perlu anggarkan untuk membayar gaji guru ngaji, dan ini jauh lebih bermanfaat, agar nilai-nilai agama kita di Desa ini bisa ditingkatkan,” ujarnya.

Kemudian selain menghidupkan pengajian bagi anak-anak, Al Haris juga meminta kepada warga untuk menghidupkan kembali kegiatan remaja masjid, kemudian pengajian shubuh, agar tidak terjadi kembali pergeseran nilai agama.

“Kegiatan remaja masjid itu diaktifkan kembali, kemudian pengajian shubuh juga diaktifkan, ini untuk kita semua,” pungkasnya.

 

(agh)

Author

Related Articles

Back to Top