Bupati dan Wabup Pantau UNBK

Pemerintahan

Bupati Merangin H Al Haris dan Wabup H A Khafid Moein   kemarin (4-4) secara terpisah memantau pelaksanaan UNBK di   sekolah-sekolah

Bangko-Bupati Merangin H Al Haris dan Wabup H A Khafid Moein Senin (4/4) secara terpisah, memantau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Negara (UN) secara manual di sejumlah sekolah.

 

Pertama bupati didampingi Kadis Pendidikan H Mashuri, memantau pelaksanaan UNBK di SMA Negeri 1 Merangin. Di SMA yang berada di kawasan Pasar Atas Bangko itu, bupati juga didampingi Anggota DPR RI Elviana dan sejumlah tim pamantau.

 

‘’Hari ini merupakan UNBK perdana. Kita ingin tahu bagaimana persiapan sekolah-sekolah dan siswanya dalam pelaksanaan UNBK ini. Sejauh ini berbagai kendala belum ditemukan, semua berjalan lancar,’’ujar Bupati.

 

Bupati berharap kepada para siswa agar dapat mengikuti UNBK tersebut sebaik mungkin, agar hasilnya memuaskan. Apalagi pada tahun ini, bupati menargetkan seluruh siswa yang mengikuti Ujian Nasional (UN) lulus 100 persen.

 

Selanjutnya bupati dan rombongan memantau pelaksanaan UN secara manual di MAN Bangko. UN di sekolah yang masih berada di kawasan Pasar Atas Bangko itu, berjalan lancar, diikuti ratusan siswa.

 

Sementara itu Wabup Merangin H A Khafid Moein memantau pelaksanaan UN secara manual di  di SMA Negeri 7 Merangin. Di sekolah tersebut dari sebanyak 107 orang yang terdaftar mengikuti UN, ada sebanyak empat orang tidak hadir.

 

Menurut keterangan sejumlah guru, sebanyak empat orang yang tidak hadir itu semua sudah diberhentikan dari sekolah, karena berbagai alasan. Namun demikian pelaksanaan UN di sekolah yang berada di kawasan Talang Kawo Bangko itu, berjalan lancar.

 

Wabup yang saat itu didampingi Sekretaris Diknas Merangin M Zubir kemudian bertolak ke SMK Negeri 1 Merangin. Di SMK yang masih berada di kawasan Talang Kawo Bangko itu, pelaksanaan UNBK juga berjalan lancar.

 

‘’Meskipun tahun ini perdana dilakukan UNBK, namun dari hasil pantauan kita pelaksanaanya berjalan lancar tanpa terjadi kendala. Beruntung listrik tidak padam, karena mamang selama UNBK berlangsung harus ada jaminan listrik tidak padam,’’ jelas Wabup.

 

Kadis Pendidikan Merangin H Mashuri menerangkan, pelaksanaan UNBK di Kabupaten Merangin tahun ini baru digelar di empat sekolah, selebihnya masih melaksanakan UN secara manual.

 

Keempat sekolah yang menggelar UNBK tersebut, SMA Negeri 1 Merangin sebanyak 278 orang, SMA Negeri 12 sebanyak 122 orang, SMK Negeri 1 sebanyak 216 orang dan SMK Negeri 4 sebanyak 90 orang.

 

‘’Jadi dari empat sekolah tersebut, ada sebanyak 706 orang siswa di Kabupaten Merangin yang mengikuti UNBK. Tahun depan kita upayakan seluruh sekolah di Merangin mengikuti UNBK, sehingga tidak ada sekolah lagi yang menggelar UN manual,’’ tegas H Mashuri.

 

(teguh/humas)

 

Author

Related Articles

Back to Top