Bupati Beri Santunan Korban Bentrok SAD

Advertorial

Bupati Merangin H Al Haris didampingi Wabup H A Khafid Moein saat memberikan santunan.

MERANGIN – Bupati Merangin H Al Haris didampingi Wabup H A Khafid Moein kemarin (19/1), memberikan santunan dana kepada keluarga korban bentrok warga Desa Kungkai dengan warga Suku Anak Dalam (SDA) yang terjadi pada 15 Desember 2015.

Pada penyerahan santunan untuk almarhum Darmawis (warga Kungkai yang menjadi korban penembakan warga SAD) tersebut, digelar syukuran dengan menyembelih kerbau  untuk dimakan bersama ratusan warga di Masjid Raya Desa Kungkai.

“Hari ini kita gelar acara Utang Bangun, semoga apa yang telah terjadi melalui syukuran yang kita lakukan ini jangan sampai bisa terulang lagi. Warga SAD pelaku pembunuhan itu sekarang sedang diproses hukum,” ujar Bupati.

Peristiwa bentrok warga Kungkai dengan SAD itu lanjut bupati, tidak hanya menjadi permasalahan masyarakat Kabupaten Merangin, tapi jadi masalah nasional. Bupati mengaku karena bentrok itu sampai dipanggil Kementerian di Jakarta.

Memang ada hikmahnya dari kejadian itu jelas bupati, Kabupaten Merangin dalam waktu dekat akan membuat transmigrasi khusus warga SAD. Di transmigrasi itu warga SAD diajar bagaimana hidup menetap dengan bercocok tanam.

Sementara itu Baharudin ketua lembaga adat Desa Kungkai mengaku sangat berterimakasih kepada bupati.

“Apa yang menjadi tuntutan kami telah dilabulkan bapak bupati. Sekarang warga SAD sudah direlokasi tidak ada lagi di Kungkai seberang,” ujarnya.

Selain itu, semua senjata kecepek milik warga SAD sudah dilucuti dan jaminan keamanan yang diminta warga Kungkai telah terpenuhi, warga merasa aman dari gangguan warga SAD. Begitu juga pembayaran hutang adat telah dilakukan.

Seputarmerangin: adv/humas

Author

Related Articles

Back to Top