Bupati ‘Apelin’ Pelajar SMA 5 Merangin

Bupati ‘Apelin’ Pelajar SMA 5 Merangin

Pendidikan

bupati-merangin-h-al-haris-mengambil-apel-di-sma-negeri-5-meranginBANGKO-Bupati Merangin H Al Haris kemarin (24/10) mengambil apel di SMA Negeri 5 Merangin. Apel yang dimulai sekitar pukul 07.30 Wib itu, dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Merangin H Masyuri, Forkopimda kecamatan dan para perangkat desa.

Dihadapan sekitar 398 orang siswa SMA yang berada di Desa Meranti Kecamatan Renah Pamenang tersebut, bupati minta para pelajar untuk menyiapkan diri menyongsong Bonus Biografi pada 2020 nanti.

‘’Pada tahun 2020, para pelajar ini sudah memasuki usia kerja produktif. Pertanyaannya apakah anak-anak ini telah dipersiapkan? Jangan sampai memasuki usia produktif nanti, anak-anak ini justru menjadi penonton dan kalah dalam bersaing,’’ujar Bupati.

Untuk itu lanjut bupati, mulai dari sekarang para pelajar SMA ini harus dipesiapkan. Pandai-pandailah mencari keterampilan sebanyak-banyaknya untuk bekal dikemudian hari, sebab jika anak tersebut tidak punya keterampilan hanya akan menjadi penonton.

Di Asean terang bupati, Indonesia masih berada di posisi keenam untuk pembangunan manusia dan diperingkat dunia dari 182 negera, Indonesia diperingkat 111. Ini artinya pembangunan manusia di Indonesia masih sangat rendah

‘’Ini menjadi tugas kita semua, para guru, kepala sekolah, unit pelayanan teknis dinas (UPTD), agar menyiapkan anak-anak yang terampil dan mampu bersaing. Minimal harus menguasai Bahasa Inggris, ilmu lainnya nanti bisa menyusul,’’harap Bupati.

Selain itu pada apel yang diikuti ibu-ibu PKK, guru, para kepala desa dan Banser itu, bupati juga minta kepada para pelajar menghindari bahaya narkoba, yang setiap saat terus mengancam masa depan anak.

Dari lima juta jiwa orang yang hidupnya sudah tergantungan dengan narkoba, sebanyak 14 ribu diantaranya adalah anak sekolah. Para penjaga sekolah, guru, kepala sekolah dan UPTD harus bergerak mengawasi anak-anak dari pengaruh narkoba.

Pemkab Merangin jelas bupati, sekarang tengah menyiapkan kantor Badan Narkotika Kabupaten (BNK). ‘’Bapak Presiden kita telah menyatakan Indonesia darurat narkoba. Untuk itu, waspadai peredaran narkoba di lingkungan kita,’’pinta Bupati.

Pada kesempatan itu, bupati memberikan piala juara pertama lomba Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat Kabupaten Merangin kepada kepala SMA Negeri 5 Merangin. Juara pertama UKS kabupaten itu, juga diberikan kepada kelapa SD Negeri 193/VI Merangin.

Usai apel bupati sempat mengunjungi ruang UKS SMA Negeri 5 Merangin dan pembangunan masjid sekolah. Di lokasi pembangunan masjid itu, bupati menyumbang sebanyak 100 sak semen.

 

Laporan : teguh/humas

Editor   : Agh

 

Author

Related Articles

Back to Top