Antisipasi DBD, Dinkes Himbau Warga Jaga Kebersihan

Kesehatan
 dbd
 MERANGIN – Memasuki musim penghujan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Merangin meghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kebersihan. Pasalnya, pada musim penghujan banyak terjadi kasus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), diare, flu dan penyakit menular lainnya.
 
“Mengantisipasi DBD dan penyakit menular ini tidak hanya menjadi tanggungjawab Dinas Kesehatan. Tapi tanggungjawab kita bersama. Oleh sebab itu, saya menghimbau untuk menjaga kebersihan. Sebab, perilaku hidup bersih dan sehat merupakan langkah efektif untuk mencegah terjangkitnya penyakit,” ujar Kepala Dinas Kesehatan, Solahudin.
 
Selain menghimbau untuk menjaga kebersihan, Dinkes juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekaligus memberi obat pembasmi jentik nyamuk di 20 titik.
 
“Kalau fogging itu untuk membunuh induk nyamuk. Sementara obat yang kita bagikan adalah untuk membasmi jentik nyamuk. Artinya, kita memutus mata rantai perkembangbiakan nyamuk,” jelasnya.
 
“Warga juga harus memahami tanda-tanda terjangkit DBD. Seperti demam tinggi, manifes pendarahan, timbul bintik-bintik kemerahan dan mimisan. Jika ada ciri-ciri seperti itu, segera berobat ke puskesmas terdekat,” pungkasnya.
 
 Seputarmerangin: Zakhrowi

Author

Related Articles

Back to Top