Al Haris MoU dengan IPB

Pemerintahan

bupmou

Bangko- Guna meningkatkan produksi pertanian, perikanan dan peternakan, Pemerintah Kabupaten Merangin melakukan Momerandum of Understanding (MoU) dengan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Naskah kesepahaman itu ditandatangani oleh Bupati Merangin  H Al Haris, S.Sos. MH dengan Rektor IPB Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc di Aula Gedung Andi Hakim Nasoetion Kampus IPB Dramaga Bogor pada Selasa (8/3).

Melalui MoU itu, bupati berharap IPB dapat membantu meningkatkan produk pertanian Merangin yang memiliki lahan pertanian sangat luas, sementara kondisi sumber daya manusianya(SDM) dibidang pertanian masih sangat rendah.

‘’IPB lah tempat ‘bersandar’ yang paling tepat untuk mengembangkan sektor pertanian, perikanan dan peternakan di Kabupaten Merangin. Sehingga nanti pendapatan masyarakat akan terus meningkat,’’ujar Bupati.

Ditandatanganinya MoU dengan IPB itu lanjut bupati, berawal dari turunnya harga karet dan tidak menggembirakannya harga sawit. Hal ini diperparah dengan semakin anjloknya harga kedua komoditi tersebut.

Bupati selanjutnya  berfikir, bagaimana bisa mencari sumber-sumber pencarian lainnyayang mampu memakmurkan masyarakat. Mengingat selama ini masyarakat Kabupaten Merangin, sangat bergantung dengan perkebunan karet dan sawit.

Diakui bupati, selama ini untuk sektor pertanian, perikanan dan peternakan, Pemkab Merangin telah banyak mengeluarkan uang, namun hasilnya tidak memuaskan. Hal ini disebabkan, tidak terkonsepnya kinerja yang dilakukan.

‘’Tolong para pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) kembangkan kerjasama ini dengan sebaik mungkin. Semoga MoU ini bisa menjadi sejarah yang besar, untuk perkembangan Kabupaten Merangin,’’ harap Bupati.

Sedangkan Rektor IPB Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc berharap, MoU itu dapat ditindaklanjuti dengan kerjasama yang lebih insentif dan lebih promtif dari berbagai masalah  pertanian, perikanan dan peternakan yang dihadapi Merangin.

Utamanya lanjut Rektor, untuk mendampingi Kabupaten Merangin  dalam memanfaatkan sumber daya yang dimiliki dan lahan pertanian yang terluas di Provinsi Jambi.

IPB tegas Herry, akan mendampingi SDM Merangin dalam menerapkan inovasi pertanian, perikanan dan peternakan yang dikembangkan, sehingga menjadi produktif untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

‘’Pendekatan–pendekatan ilmiah dan inovasi-inovasi pertanian, perikanan dan peternakan itu harus dikawal dalam tahapannya. IPB Siap mendidik kalau ada pejabat dan masyarakat Merangin yang akan melanjutkan pendidikan di IPB, mulai dari sarjana, pasca sarjana dan doktor,’’ jelas Rektor.

Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi rencana kerja bersama SKPD dan LPPM dan Unit IPB. Diskusi yang berlangsung cukup santai ini membahas bidang pertanian, kehutanan dan penyuluhan, termasuk bidang peternakan dan perikanan.

Sebelum meninggalkan IPB, bupati bersama rombongan sempat melihat-lihat hasil pembibitan unggul yang dikembangkan dengan berbagai inovasi di arel tanaman percontohan milik IPB yang luasnya lebih dari 200 hekter dengan kendaraan khusus anti polusi.

Guh/humas

Author

Related Articles

Back to Top