7 Napi Lapas Kelas 2 B Bangko Dapat Remisi Bebas

7 Napi Lapas Kelas 2 B Bangko Dapat Remisi Bebas

Utama

BANGKO– Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 di Merangin, sejumlah Narapidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Bangko mendapat remisi.

Pemberian remisi kepada 197 napi dilakukan secara simbolis di dalam lapas Bangko dan diserahkan langsung oleh Bupati Merangin Al Haris didamping Wakil Bupati Merangin Kahfid Moein dan Kalapas Bangko Zunaidi.

Dalam laporannya Kalapas Bangko Zunaidi mengatakan, hingga kini lapas Bangko memiliki 310 penghuni, diantaranya berstatus napi 243 orang dan tahanan 67 orang. Sementara menurutnya, kapasitas lapas kelas II B Bangko hanya maksimal hanya 140 orang. “ Lapas Bangko kini sudah over kapasitas yang seharusnya hanya mampu menampung 140 penghuni kini telah dihuni sebanyak 310 orang napi dan tahanan, “ ujarnya.

Menurut Zunaidi, Lapas Bangko dibangun dengan konsep penjara dan bukanya tempat pembinaan seperti layaknya lembaga pemasyarakatan yang ada saat ini. Jadi untuk melakukan pembinaann napi perlu penyesuaian termasuk ruangan.“ Bagaimana bentuknya penjara seperti ini dan kami perlu menatanya kembali untuk pembinaan warga binaan, “ ucapnya.

Berdasar data yang diterima, dari 197 penerima remisi tujuh belasan diantaranya yang menerima remisi 6 bulan hanya 1 orang, remisi 5 bulan sebanyak 15 orang, remisi 4 bulan sebanyak 26 orang, remisi 3 bulan sebanyak 33 orang, remisi 2 bulan sebanyak 57 orang dan penerima remisi 1 bulan sebanyak 70 orang, Sedangkan yang mendapatkan remisi bebas ada 7 orang.

Bupati Merangin Al Haris sebelum membacakan sambutan Menteri Hukum dan Hak Azazi Manusia (Menkumham), Yasona Lauli mengatakan, semua orang pernah melakukan kesalahan baik disengaja atapun tidak. Namun persoalannya lanjut bupati, bagaimana orang tersebut segera sadar dan segera memperbaki kesalahannya. “ Orang yang baik itu pasti pernah melakukan kesalahan. Tapi bagaimana orang tersebut memperbaiki kesalahannya.

 

(jef)

Author

Related Articles

Back to Top