6 Hektar Lahan Perkebunan Warga Terbakar

MERANGIN-Kebakarahan Lahan dan perkebunan kembali terjadi di Kabupaten Merangin,dimana hampir enam hektar lahan sawit dan karet milik warga desa lantak seribu,kecamatan Renah Pamenang ludes di lalap sijago merah.Kebakaran hebat tersebut baru di ketahui warga sekitar pukul 10.30 Wib (11/9).

Di duga api berasal dari lahan cetak sawah yang di garap warga,sementara itu sebagian lahan yang mulai terbakar adalah lahan garapan yang di tanami semangka,kemudian mulai menjalar ke kebun karet milik Lahmudin, dan kebun sawit milik untung dan Minal.

Api dengan cepat menjalar akibat banyaknya semak belukar,dan sulitnya sumber air di dekat Lahan tersebut.

Anto salah satu warga yang ikut memadamkan api,Mengatakan kepada seputar merangin ,bahwa asal api di duga berasa dari lahan cetak sawah,dan langsung menjalar ke lahan semangka.

“Saat saya datang warga sudah banyak yang padamkan api,dan api di duga berasal dari lahan cetak sawah,sebab di sebelahnya ada lahan semangka yang ikut terbakar dan kemudian menjalar di kebun sawit dan karet”Ungkap Anto.

Api terus menjalar hingga tak kurang dari 6 Ha,lahan yang terbakar milik Lahmudin tak kurang dari 4 ha,sementara lahan milik Minal dan Untung sekitar 2 ha.

“Api hingga saat ini masih menyala,sebab ada lahan gambut dan anggota kodim 0420 sarko,dan Polsek Pamenang dan warga masih terus padamkan api di sana”ucapnya lagi.(Dar)

Updated: 11 September 2019 — 22:10