Banjir Bandang Sapu Puluhan Hektar Sawah

Utama

foto-sawah-kebanjiran

MERANGIN – Puluhan hektar sawah di Desa Talang Tembago Kecamatan Sungai Tenang hancur tersapu banjir bandang Jum’at (15/1) lalu. Padahal, para petani baru saja menanami padi areal persawahan tersebut.

Harmandi, salah seorang warga setempat menuturkan, banjir bandang terjadi akibat meluapnya Sungai Empenau. “Baru tanam sekitar dua bulan. Sebenarnya sekarang tu sudah mulai menghijau. Tumbuhnya sangat bagus. Tapi hanyut semua dan habis,” ujarnya.

Kepala Desa Talang Tembago, Jum’al Arif, membenarkan kejadian tersebut.  Dia mengatakan bahwa banjir datang pada malam hari dan secara tiba-tiba, sehingga warga tidak bisa berbuat apa apa.

“’Hujan sangat lebat, setelah itu Sungai Batang Empenau yang melintas di tengah lahan persawahan tiba-tiba meluap. Banyak sawah yang rusak karena dilanda air bandang,” kata Arif.

Akibat kejadian tersebut, Arif memperkirakan kerugian mencapai ratusan juta rupiah. “Paling tidak Rp 600 juta kerugian. Ado petani kami yang baru mulai bekerja memperbaiki sawah. Tapi untuk ngejar musim tanam tahun ini tetap dak bisa lagi,” pungkasnya.

 

Seputarmerangin: DZA

Author

Related Articles

Back to Top