361 Bangunan dan 62 Hektar Lahan Terendam Banjir

Peristiwa

banjir

MERANGIN – Sedikitnya, 361 bangunan dan 62 hektar lahan terendam banjir di empat desa di Kecamatan Pamenang, Kamis (21/1). Diantaranya Desa Muara Belengo, Tanjung Gedang, Keroya dan Desa Empang Benao.

Di Desa Muara Belengo tercatat 71 unit rumah, 1 unit  taman kanak-kanak dan 2 mushalla terendam. Di Desa Tanjung Gedang tercatat 35 unit rumah, 1 mushalla dan 1 jembatan, Desa Keroya 187 rumah, 1 unit mushalla, sawah 48 hektar sawah dan 14 hektar tanaman palawija. Sementara di Desa Empang Benao tercatat ada 60 unit rumah, 1 mushalla dan 1 1 sekolah dasar ikut terendam.
Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Merangin, Sadili menyebutkan ketinggian genangan air mencapai 1 – 1,5 meter. “Intensitas hujan cukup tinggi dan menyebabkan Sungai Merangin Meluap,” ujar Sadili.
 
Penyebab lainnya, lanjut Sadili, adalah akibat kelalaian masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan. Khususnya masyarakat diwilayah hulu sungai.
 
“Seperti aktivitas PETI dihulu Sungai Batang Masumai.   Aktivitas ini menyebabkan terjadinya pendangkalan sungai. Sehingga, ketika intensitas hujan tinggi, badan sungai tidak sanggup menampung debit air dan terjadilah banjir,” singkatnya.
 
 Seputarmerangin: DZA

Author

Related Articles

Back to Top